Kelebihan dan Kekurangan File Transfer Protocol (FTP)

Kelebihan Dari FTP
Dalam dunia komputerisasi seperti ini, tentu perlu merasa khawatir dengan peretasan data pribadi. FTP adalah protokol yang menjanjikan keamanan enkripsi sehingga tidak perlu khawatir dengan peretasan data pribadi.

Selama proses pertukaran informasi atau file antar komputer, sudah mendapatkan sistem keamanan yang bertugas untuk melindungi data yang dikirim sekaligus terima. Oleh karena itu, FTP adalah protokol yang sangat bergantung pada sistem keamanan enkripsi, yang juga menjadi kelemahan dari sistem protokol ini.

Tanpa adanya sistem keamanan ini, maka FTP dinilai tidak aman untuk melakukan transfer data sekaligus informasi. FTP juga menjalankan fungsi penyimpanan, untuk Anda yang membutuhkan sekali fungsi yang satu ini.

Kita dapat melakukan backup data dan file, bahkan restore pada sebuah website. Selain itu, meskipun FTP memerlukan proses verifikasi (hanya butuh dua langkah saja dalam verifikasi FTP), sudah ada software yang dapat membantu melakukannya, dan hal ini juga disertai dengan petunjuk verifikasi.

Kekurangan Dari FTP
Kekurangan utama dari FTP adalah terletak pada biaya yang tidak murah jika ingin memiliki FTP server sendiri. Hal ini dikarenakan untuk memiliki FTP server sendiri Anda harus memiliki komputer server milik sendiri atau bahkan menyewa server.

Apabila kalian adalah seorang pengguna yang tidak begitu paham mengenai FTP, akan sangat mudah untuk menghapus keseluruhan data hanya dengan satu kali click. Dikarenakan sistem FTP yang sudah cukup tua, apabila Anda tidak memiliki background dibidang IT, maka akan sedikit sulit untuk menggunakan protokol ini.

Tidak mudah untuk mengubah kepemilikan dari suatu file dalam sebuah FTP. Dan terdapat pendapat bahwa desain FTP kurang kuat, sehingga masih dapat membahayakan administrator dikarenakan minimnya informasi mengenai resiko yang akan dihadapi.

Seringnya terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi, membuat administrator sulit untuk memahami informasi yang diterima. Demikian informasi mengenai file transfer protocol alias FTP. Informasi yang terkandung didalamnya akan mempermudah sekaligus menambah wawasan mengenai dunia komputer.


Di tulis oleh: