Jenis – Jenis Server Yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak jenis server, berikut jenis-jenis server yang perlu Anda ketahui :

1. Web Server

Web server adalah jaringan komputer yang didedikasikan untuk menyediakan layanan permintaan HTTP dan HTTPS. Server web menerima kode tersebut dari browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web. Halaman web tersebut dikirim oleh web server dalam bentuk dokumen HTML dan CSS, kemudian diproses oleh browser menjadi halaman web yang menarik bagi pengguna dan mudah dibaca.

Saat ini, web server tidak hanya berperan dalam mempublikasikan WWW (World Wide Web). Ada berbagai perangkat keras yang dapat diakses melalui HTTP untuk manajemen pekerjaan inspeksi. Perangkat keras seperti printer, kamera, dan router web.

2. Mail Server

Jaringan komputer selanjutnya adalah Mail Server. Server melayani pengguna untuk bertukar pesan dengan pengguna lain secara elektronik. Mail Server juga dibagi menjadi dua kategori yaitu server surat masuk dan server surat keluar.

Server surat masuk terdiri dari POP3 dan IMAP. POP3 (Post Office Protocol 3rd version) adalah protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan dikirim dan diterima pada PC Local Hard Drive. Sedangkan IMAP (Internet Message Access Protocol) protokol yang selalu menyimpan salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam Mail Server.

3. Database Server

Database server adalah jaringan komputer yang menyediakan layanan berupa pengelolaan database dan menerima permintaan client untuk mengakses database di server. Ada empat jenis server database yaitu flat file database, relation database, object database, dan relational-object database.

4. File Server

File server adalah jaringan komputer yang menyediakan akses ke lokasi disk. Lokasi disk berisi file seperti gambar, video, musik, database, dokumen dll. Server ini dirancang untuk pengguna memungkinkan dalam penyimpanan dan pengambilan data dengan perhitungan melalui workstation.

5. DHCP Server

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) Server merupakan jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client. Pada umumnya, sistem operasi seperti Windows 2000 Server, Windows Server 2003 dan GNU atau linux menggunakan layanan ini.

6. Proxy Server

Proxy server adalah jaringan komputer yang memiliki efek yang sangat positif bagi pengguna. Proxy server itu sendiri bertindak sebagai perantara antara pengguna dan server Web. Setiap pengguna yang mengakses jaringan internet selalu melewati proxy sebelum masuk ke Web server.

Baca Selengkapnya : 5 Fungsi VPS (Virtual Private Server) Yang Perlu Anda Ketahui

7. FTP Server

FTP (File Transfer Protocol) server adalah protokol Internet yang menyediakan akses data server di jaringan. Klien dapat meminta akses ke file pertukaran melalui server. Proses yang dilakukan oleh server FTP adalah kode ASCII, yang sebenarnya sangat berbahaya karena tidak dienkripsi dalam proses transfer. Adapun SFTP yang memberikan keamanan bagi klien untuk melindungi data yang ditransfer. 

8. Game Server

Jenis server yang terakhir memang didesain khusus untuk para gamer. Server dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik kepada pengguna. Saat ini kebanyakan developer game sering membuat game berbasis game online multiplayer. Sehingga hal ini membuat kapasitas game terkadang lag atau semacamnya.

Server game mencakup dua jenis, yaitu game server eksternal dan game server internal. Server eksternal adalah penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh game developer itu sendiri. Server internal disimpan di komputer pengguna. Contoh server game yang dapat digunakan adalah Steam.

Baca Juga:  Mengenal Apa itu Server dan Jenis - Jenis Server

Di tulis oleh: