Hal-Hal yang Biasa Dilakukan Hacker Kepada Korban Brute Force Attack

Ada banyak hal merugikan yang bisa terjadi ketika hacker berhasil menggunakan teknik brute force attack. Berkut ini merupakan beberapa contoh kejadian yang kerap terjadi di lapangan.

1.Injeksi Malware
Setelah hacker berhasil menyusup kedalam website dengan cara melakukan brute force attack, maka salah satu aktivitas yang kerap kali terjadi adalah injeksi malware atau menyusupkan malware kedalam website. Malware ini bisa berupa banyak hal, seperti ransomeware yang sifatnya untuk memeras korban, virus yang bisa menginfeksi program komputer, hingga aplikasi berbahaya yang bisa mengintai data pengguna.

2.Spamvertising
Spamvertising merupakan hal yang lumrah terjadi di era teknologi seperti saat ini, hampir samaseperti malware, tindakan ini biasanya dimanfaatkan oleh hacker yang berhasil masuk ke dashboard suatu website untuk memperoleh keuntungan berupa uang dari iklan spam yang telah dipasang secara ilegal.

3.Deface / Pengubahan Tampilan Website
Selain mencuri data sensitif pengguna sebagaimana yang baru-baru ini menimpa Bhinneka dan Tokopedia. Hacker yang berhasil masuk melalui cara brute force attack biasanya juga meninggalkan jejak dengan cara mengganti tampilan konten. Tindakan ini tentu sangat merugikan bagi pengunjung maupun pemilik situs.


Di tulis oleh: