Fungsi dan Manfaat Google Drive

Rasanya sudah tak asing lagi dengan salah satu layanan dari google yang memiliki banyak kegunaan ini. Google Drive memiliki banyak sekali manfaat yang telah dirasakan oleh semua orang terutama kalangan di bidang perusahaan dan pendidikan.

Pengertian Google Drive sendiri adalah salah satu layanan dari Google yang dibuat untuk menyimpan data secara online. Data yang bisa di simpan bisa berupa tulisan, gambar maupun video dengan bantuan koneksi internet tentunya. Google Drive bisa digunakan secara gratis akan tetapi kapasitas penyimpanannya dibatasi per akun hanya 15 GB saja. Jika Anda membutuhkan penyimpanan yang lebih besar, maka Anda bisa mengupgradenya dengan yang berbayar. 

Manfaat Google Drive

Karena banyaknya yang menggunakannya, bisa dibilang Google Drive adalah salah satu layanan favoritnya google. Nah, berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan Google Drive untuk membantu aktivitas sehari-hari.

1. Menyimpan File Berukuran Besar

Ada kalanya saat kita ingin mengirimkan file dalam ukuran besar namun kesulitan menggunakan apa? Google Drive bisa menjadi solusi yang baik. Selain bisa menyimpan dan mengirim, kualitas dari file misal video atau foto yang kita kirimkan akan tetap terjaga dengan baik.

2. Menyimpan Berbagai Jenis File

Kapasitas penyimpanan Google Drive yang bisa dibilang cukup besar, membebaskan Anda untuk menyimpan file dalam jenis apapun tanpa perlu khawatir akan menghabiskan kapasitas yang ada. Google Drive bisa untuk menyimpan file seperti microsoft word, exel, file gambar, video dan lain sebagainya. 

3. Mengedit File 

Manfaat berikutnya dari Google Drive adalah bisa mengedit sebuah file seperti word dan excel. Di dalam Google Drive sendiri terdapat layanan yang hampir mirip dengan microsoft word serta excel yaitu Google Docs dan Google Sheets sehingga Anda bisa mengedit file secara langsung jika ada kesalahan sewaktu-waktu. Selain dengan mengedit sendiri, Anda pun bisa mengeditnya bersama dengan rekan-rekan tim atau siapapun yang memiliki akses yang sama.

4. Sebagai Backup File

Ketika kita menyimpan file penting ke sebuah perangkat tentu kita perlu membackupnya agar data kita aman. Google Drive bisa menjadi tempat untuk menyimpan atau sebagai sarana back up data penting kita, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kehilangan, Anda masih bisa menemukan data backup nya masih tersimpan aman di dalam akun Google Drive yang kita miliki. 

Bahkan Anda bisa membackup history chat pada aplikasi whatsapp yang Anda miliki. Whatsapp sudah bekerjasama dengan Google Drive untuk mencadangkan chat – chat pada akun aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan membuka aplikasi whatsapp lalu klik pada 3 titik di pojok kanan atas lalu pilih “Setelan” lalu “Chat” setelah itu pilih “Cadangkan Chat” maka nanti akan ada opsi cadangkan ke Google Drive. 


Di tulis oleh: