Facebook Aktifkan Safety Check Usai Bom Kampung Melayu

By:

Beberapa jam pascaledakan bom Kampung Melayu Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017) malam, jejaring sosial Facebook mengaktifkan fitur Safety Check untuk pengguna di Jakarta dan sekitarnya.

Fitur Safety Check di Facebook memungkinkan pengguna untuk menginformasikan kondisi pemilik akun kepada teman-teman lainnya di Facebook. Pemilik akun bisa mengabarkan jika mereka dalam keadaan aman pascaledakan bom yang menewaskan sedikitnya dua korban itu.

Pengguna Facebook yang berada di sekitar kawasan terjadinya ledakan bom, yakni Kampung Melayu, Jatinegara, dan Jakarta secara otomatis akan dikirimkan notifikasi Facebook ke perangkat smartphone-nya. 

Bunyi pemberitahuan itu adalah “Pengguna, beritahukan ke teman-teman kamu kalau kamu baik-baik saja.” Selanjutnya, pengguna bisa memilih pilihan “I’m Safe” atau memilih pilihan “Doesn’t apply to me“.

Facebook pun akan otomatis membagikan kabar bahwa pemilik akun dalam kondisi aman kepada teman-teman di jejaring sosial tersebut. Mereka yang mendapatkan notifikasi bahwa temannya dalam kondisi aman juga bisa ikut mengaktifkan fitur Safety Check ini untuk saling mengabari kondisinya.