Dampak Revolusi Industri

Revolusi industri 4.0 berfokus pada konsep digital untuk memenuhi kebutuhan perekonomian masyarakat dan industri. Nantinya, revolusi ini dapat memberikan perubahan industri yang akan semakin efisien. Dampak revolusi industri 4.0 terasa sangat signifikan terhadap kehidupan manusia. Berikut ini adalah dampak nyata dari revolusi industri yang perlu diketahui.

Kinerja Orang Tergantikan Mesin
Dampak revolusi industri yang pertama adalah tergantinya kinerja orang dengan berbagai mesin. Hal ini sebenarnya sudah terjadi mulai awal revolusi industri pertama dulu. Mesin ini digunakan untuk menciptakan produk-produk baru. Selanjutnya, mesin akan melakukan tugasnya dengan waktu yang diatur agar semakin efisien. Maka dari itulah, kinerja manusia tidak lagi dibutuhkan.

Selain kemudahan yang didapat karena bantuan teknologi, ada dampak lain dari revolusi industri yang membuat banyaknya pengangguran. Dampak ini juga dikarenakan penggunaan teknologi. Sebagian pekerja yang tidak bisa mengikuti perkembangan sebuah teknologi tentunya akan dirugikan. Hal ini karena banyak perusahaan yang menggunakan teknologi untuk membuat usahanya berkembang pesat.

Banyak Orang Tinggal di Kota
Sebagian masyarakat di zaman dulu akan memilih hidup di desa untuk melakukan banyak hal di rumahnya. Namun, revolusi industri ini membawa dampak yang luar biasa. Banyak masyarakat yang berpindah untuk tinggal di kota. Mengapa demikian? Karena di kota banyak pabrik yang memproduksi barang menggunakan banyak mesin.

Perpindahan ke kota ini dimaksudkan sebagian orang agar mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik. Selain memilih pindah ke kota, ada sebagian orang yang memilih daerah lain karena beberapa faktor penting. Misalnya seperti pelayanan yang diberikan lebih baik dan juga gaji yang lebih tinggi di daerah lain.

Interaksi Sosial Semakin Luas
Dampak revolusi industri lainnya adalah memudahkan semua orang untuk berinteraksi karena kemudahan akses internet yang diberikan. Jika seperti ini terjadi, perkembangan teknologi pun akan semakin luas. Jika terjadi seperti itu, manusia harus bisa untuk menyikapinya dengan hati-hati dan berpikir dahulu sebelum bertindak.

Dengan kemudahan untuk berinteraksi sosial ini, akan semakin banyak pula penyebaran berita palsu. Biasanya, hoax disebar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan kepuasan. Maka dari itulah, sebagai manusia cerdas sebaiknya pandai memilah informasi.


Di tulis oleh: