Cloud Server vs Dedicated server Mana yang Terbaik?

Cloud Server vs Dedicated server – Cloud Server Adalah layanan komputasi awan yang menggabungkan teknologi antara komputer dengan jaringan berbasis internet dengan tujuan untuk mengolah data secara online sehingga bisa diakses secara realtime.

Sedangkan Dedicated Server adalah penyewaan satu server fisik secara utuh tanpa dibagi dengan user lain, sehingga hanya Anda sendiri yang menempati dan menggunakan dedicated server tersebut.

Kedua server ini baik dan bisa digunakan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, bagi yang masih bingung memilih yang mana, mari kita bandingkan antara Cloud Server vs Dedicated server berikut ini  :

1. Sumber Daya

Masalah sumber daya online, Cloud Server unggul dengan kecepatannya yang hanya dalam waktu beberapa menit saja sedangkan Dedicated Server harus menunggu bahkan bisa sampai berminggu-minggu.

2. Hardware

Bagi Cloud Server update hardware seperti CPU,  RAM dan sebagainya, bisa dilakukan dengan mudah yaitu tinggal klik saja sementara Dedicated server harus dilakukan secara manual pada server pusat langsung. Jadi buat yang ingin praktis Cloud server bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Keamanan

Masalah keamanan sebenarnya keduanya bisa diandalkan, hanya saja bagi Anda yang ingin menggunakan server dengan keamanan tingkat tinggi, dedicated server bisa menjadi pilihan terbaik dibanding dengan cloud server. 

4. Harga

Masalah harga adalah hal yang paling utama. Anda pasti setuju karena agar sesuai dengan budget yang telah disiapkan. Dalam hal ini Cloud Server memiliki harga yang lebih terjangkau daripada Dedicated Server. Hal ini dikarenakan dedicated server harus membeli perlengkapan server fisik yang harganya lumayan mahal.

5. Akses Perangkat

Bagi Anda yang ingin bebas mengakses server dari berbagai perangkat seperti komputer dan mobile phone, pilihan terbaik jatuh pada Cloud server. Karena jika Dedicated server tidak bisa diakses lewat perangkat mobile dan hanya bisa diakses secara manual. 

Melihat dari fungsinya tentu Anda sudah bisa menentukan server terbaik mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan salah pilih. Pilihlah yang sesuai dan bisa diandalkan untuk bisa menghandle kebutuhan website Anda. Semoga infromasi ini bermanfaat!


Di tulis oleh: