Cek Domain Itu Penting Loh!

Setiap website memiliki masa kadaluarsa masing-masing. Kebanyakan orang mengira website cukup dibuat satu kali dan langsung bisa digunakan seumur hidup. Ini adalah anggapan yang keliru. Setiap website bisnis atau e-commerce mempunyai masa kadaluarsa untuk homepage dan domain masing-masing. Domain website adalah nama khusus untuk memudahkan sistem mengidentifikasi jaringan tanpa perlu repot memakai IP (internet protocol).

Domain website adalah unsur wajib yang tak bisa lepas kapanpun kita membahas tentang website, termasuk website bisnis. Sederhananya, domain website adalah kode-kode khusus yang biasanya mengakhiri nama website. Beberapa contoh nyata domain website adalah “.com”, “.co.id”, “.id”, “.net”, “.org” dan seterusnya.

Domain website yang tidak diperbaharui atau dibiarkan kadaluarsa akan langsung mempengaruhi performa web itu sendiri. Beberapa kerugian dari tidak memperbaharui domain website adalah kinerja web menurun drastis, informasi di dalam web hancur-lebur, nama domain web bisa direbut perusahaan pesaing yang mengincar trafficmu, serta tampilan web jadi ketinggalan zaman dibandingkan web lain yang lebih fresh. Sementara dampaknya pada bisnis, calon pembeli otomatis akan kabur lantaran tidak nyaman berbelanja di tempat. Hasilnya, bisnis pun akan rugi.


Di tulis oleh: