Cara Mencari Backlink Berkualitas

Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencari. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink gratis kerap kali melintas di kepala sebagian besar blogger maupun web developer.

Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Untuk cara gratisan, kalian bisa memanfatkan metode peletakan backlink profile, sosial bokmarking, atau guestpost. Sedangkan untuk cara mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar bisa melalui kerjasama content placement atau sponsored post.

Berikut merupakan tips cara mencari backlink berkualitas untuk memenuhi kebutuhan websitemu.

1. Membuat Konten yang Unik dan Menarik

Sudah bukan rahasia lagi jika konten yang baik akan menarik banyak orang untuk membaca sekaligus mereferensikannnya. Jadi, fokuslah untuk mencari ide baru sebagai bahan tulisan.

2. Aktif Membangun Relasi Pertemanan

jangan sampai terlewat untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran maupun menambah jejaring pertemanan.

3. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari

Untuk bisa menghadirkan konten berkualitas ada berbagai macam jalan yang bisa ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak dibutuhkan.

4. Melakukan Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama

Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan karena dianggap cukup merepotkan dan kurang powerfull untuk mendongkrak posisi website di hasil pencarian.

5. Gunakan Tools

Agar proses pencarian backlink Anda semakin mudah, gunakan juga tools seperti Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang bisa menampilkan data backlink dari website kompetitor. Dari data tersebut, kemudian bisa Anda pilah untuk dijadikan target membuat link building yang lebih optimal.


Di tulis oleh: