Cara Kerja File Transfer Protocol

Pengertian FTP adalah protokol yang bekerja dengan mengandalkan standar autentikasi, yang meminta Anda sebagai pengguna memasukkan sebuah username sekaligus password, agar bisa melakukan akses data.

Setiap kali Anda mengunduh, mengunggah, ataupun melakukan hal lain terhadap data dikomputer, maka diperlukan akses dari FTP atas setiap perintah yang Anda lakukan. Dengan user name sekaligus password yang diberikan oleh FTP, Anda dapat lebih leluasa memindahkan, menyalin, sekaligus membuat dan menghapus data yang terdapat dalam suatu direktori penyimpanan komputer.

Sebelum terjadi pertukaran data tersebut, FTP client harus terlebih dahulu melakukan permintaan koneksi atau sambungan terhadap FTP server. FTP client akan mengirimkan pesan berupa permintaan layanan tukar menukar data atau file kepada FTP server.

Setelah FTP client tersambung dengan FTP server yang dituju, maka FTP client dapat melakukan banyak hal, mulai dari proses download, upload, dan tentunya sesuai dengan izin sekaligus hak akses dari FTP server.


Di tulis oleh: