Bagaimana Cara Menghindari Kebocoran Data ?

1. Perusahaan harus membuat kebijakan keamanan
Perusahaan harus mulai mengembangkan seperangkat pedoman yang harus diikuti karyawannya. Contohnya adalah seperti menegakkan peraturan bahwa karyawan tidak boleh meninggalkan komputer dalam keadaan logged on/unlocked, tidak berbagi akun dengan rekan kerja yang lain, dan lain-lain.

2. Mengontrol konten dalam email
Karena pengguna sering mengirim informasi dan dokumen rahasia melalui email, maka sering terjadi kebocoran data melalui email. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, perusahaan kalian dapat menggunakan email content filtering. Email filter akan melakukan proses penyaringan lalu lintas email baik itu pesan masuk atau pesan keluar. Filter akan memindai pesan dan mengklasifikasikan pesan ke dalam kategori yang berbeda seperti spam, virus, penipuan, dan lain-lain. Teknologi ini juga dapat memperingatkan administrator tentang ancaman orang dalam. Sistem akan memberi tahu jika terdapat pengguna yang mencoba mengirim info sensitif ke luar perusahaan.

3. Endpoint protection
Peretas selalu memiliki cara baru untuk mendapatkan akses pada sistem, mencuri informasi, serta memanipulasi karyawan agar mereka memberikan informasi sensitif. Oleh karena itu, kalian membutuhkan endpoint protection.

Endpoint protection merupakan praktek mengamankan endpoint pengguna atau end user devices seperti dekstop, laptop, perangkat mobile, dan lain-lain agar terlindungi dari eksploitasi tidak sah yang dilakukan oleh penjahat cyber. Saat ini sudah banyak endpoint protection software yang bisa kalian gunakan seperti McAfee Endpoint Security, Sophos Endpoint Protection, dan lain-ain. Sistem perlindungan endpoint tersebut dikembangkan untuk mendeteksi, menganalisis, memblokir, dan menahan serangan cyber.

4. Meningkatkan keamanan data
Data leakage sering terjadi karena kelalaian user atau karena adanya kerentanan keamanan pada sistem yang digunakan. Kerentanan keamanan yang tidak segera diperbaiki dapat memberi peretas akses pada data-data sensitif di dalamnya.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari bocornya data adalah dengan selalu memastikan bahwa sistem yang digunakan memiliki keamanan yang baik. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan penetration testing secara rutin. Dengan penetration testing, kerentanan keamanan dapat segera ditemukan dan diperbaiki sehingga data dapat terlindungi.


Di tulis oleh: