Apa Pengaruh Breadcrumbs Terhadap SEO

Penggunaan breadcrumbs dalam website akan memberi beberapa keuntungan untuk SEO, yaitu :

1. Google menyukai website yang menggunakan breadcrumbs
Breadcrumbs akan memberitahu Google bagaimana struktur website. Elemen ini akan membantu bot mesin pencari selama fase crawling dan indexing. Bot akan menggunakan struktur breadcrumbs untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang situs web.

Selain itu, Google juga akan menampilkan struktur breadcrumbs di dalam hasil pencarian untuk mengkategorikan informasi dari halaman tersebut di hasil penelusuran. Dengan breadcrumbs tersebut pengguna dapat memahami dimana halaman itu berada di dalam situs web. Breadcrumbs memberi kemudahan pada Google dan pengguna sehingga akan berpengaruh positif pada peringkat website.

2. Meningkatkan pengalaman pengguna
Breadcrumbs dapat meningkatkan pengalaman pengguna karena dapat memudahkan pengunjung web ketika menjelajah isi website. Ketika pengguna mengunjungi sebuah situs web untuk pertama kali, tentu mereka belum mengetahui struktur dan tata letak konten yang mereka cari.

Dengan adanya breadcrumbs, pengguna dapat lebih mudah untuk menavigasi situs web. Breadcrumbs juga akan mendorong pengguna untuk menjelajahi halaman lain dari situs web tersebut.

3. Mengurangi bounce rate / rasio pentalan
Bounce adalah saat pengguna memasuki situs web di halaman tertentu, kemudian keluar dari halaman tersebut tanpa melakukan tindakan lain. Meskipun bounce rate tidak secara langsung mempengaruhi peringkat halaman, namun rasio pentalan yang tinggi menjadi indikasi bahwa terdapat masalah pada pengalaman pengguna. Dengan menyediakan breadcrumbs, kalian dapat membuat pengunjung web terdorong untuk membuka halaman lain.


Di tulis oleh: