Apa Itu Colocation Server

Colocation server adalah menempatkan hardware server dan perangkat jaringan anda pada data center. Penggunaan layanan colocation server bertujuan untuk menghemat biaya investasi dan biaya operasional perusahaan serta dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan dan operasional perusahaan pada IT.

Colocation server atau sering disebut juga colocation data center. Colocation server berasal dari kata colocation dan server. Colocation berarti sewa rak. Sedangkan, server berarti sistem jaringan komputer seperti software dan hardware. Akan tetapi, arti server yang dimaksud di sini adalah server fisik, mesin atau hardware. Dengan demikian, arti dari colocation server adalah perusahaan yang menyediakan layanan sewa rak atau wadah untuk penitipan server fisik atau hardware milik penyewa di data center.

Colocation ini akan menempatkan mesin server mu di rak orang lain dengan berbagai bandwidth. Sebenarnya harganya lebih standar dari web hosting, tapi jumlahnya sebanding dengan bandwidth. Ada 2 cara, pertama, ke lokasi penyedia colocation dan menginstalnya di rak mereka. Kedua, kamu menyewa mesin server dari penyedia colocation. Mungkin saja perusahaan memberikan IP, bandwidth, dan kekuatan server. Setelah itu berjalan, kamu bisa mengaksesnya seperti mengakses situs web pada penyedia hosting, bedanya kamu memiliki perangkat keras.


Di tulis oleh: