14 tahun Wikipedia Versi Bahasa Indonesia

By:

Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang basis informasinya berasal dari internet.

Meski informasi di Wikipedia belum bisa dipastikan sepenuhnya akurat, pengguna Wikipedia nyatanya masih tetap mengandalkan ensiklopedia online ini sebagai salah satu wadah referensi utamanya. Indonesia pun termasuk salah satu negara dengan pengguna Wikipedia paling aktif.

Dan sekarang, tepat pada hari ini, Selasa (30/5/2017) Wikipedia versi bahasa Indonesia genap berusia 14 tahun. Ya, situs web Wikipedia versi bahasa Indonesia melenggang sejak pada 30 Mei 2003.

Sekadar informasi, artikel pertama yang tayang di Wikipedia bahasa Indonesia berjudul “Elektron” yang diterbitkan oleh pengguna Wikipedia asal Indonesia dengan nama akun “Paramita”. Sampai kini, semua artikel yang diterbitkan di Wikipedia selalu diperbarui informasinya oleh pengguna dan penulis kontributor di Wikipedia.

Sampai berita ini naik, jumlah artikel yang diterbitkan di Wikipedia bahasa Indonesia mencapai 403.413 dengan total halaman mencapai 2.166.176.

Sementara, jumlah pengguna terdaftar mencapai 878.406, dan pengguna aktifnya hanya 2.086 saja. Untuk jumlah suntingannya sudah mencapai 13.959.513 dan rata-rata suntingan per halaman hanya 6,44.

Kini, para pengurus Wikipedia bahasa Indonesia terus berbenah konten agar tetap akurat dan tidak misleading, dalam arti memberikan informasi yang salah kepada pembaca.

Wikipedia global sendiri didirikan pada Januari 2001, kebanyakan dioperasikan dalam bahasa Inggris. Namun, di akhir tahun pertama, ia berhasil tumbuh dan hadir dalam 18 bahasa. Saat ini, Wikipedia sudah mendukung 290 bahasa.

Situs tersebut memiliki kurang lebih 5 juta artikel berbahasa Inggris, tetapi terdapat 85 persen artikel dengan bahasa berbeda.

Yayasan yang masih jadi bagian Wikipedia, Wikimedia, menyebutkan ada 7.000 artikel baru yang dibuat tiap harinya. Situs web ini kemudian berkembang menjadi 11 proyek berbeda yang masih jadi bagian dari Yayasan Wikimedia, seperti Wikimedia dan Wikiversity. Demikian dikutip Mirror pada Selasa (30/5/2017).