Kejar Pertumbuhan Data, Pure Storage Perkenalkan Solusi Anyar

By:

Produksi data dunia makin besar. Ini adalah tren yang tak terhindarkan. Untuk diketahui, jumlah data yang tercipta pada 2016 sebanyak 4ZB (zettabytes). Pada 2020 data yang diciptakan melonjak jadi 50ZB dan 180 ZB pada 2025.

Dengan demikian diperlukan strategi pengelolaan data baru. Dibutuhkan storage yang bisa diakses besar-besaran dan paralel.

Sebagai penyedia fasilitas penyimpanan data, Pure Storage memperkenalkan jajaran hardware dan software penyimpanan terbarunya. Seluruh pembaruan ini diperlukan untuk mengolah data yang semakin besar tersebut.

Mengapa data ini perlu diolah? Sebab, insight dari pengelolaan data yang tepat bisa membantu perusahaan meningkatkan pendapatan mereka.

Disebutkan bahwa hampir 70 persen dari usaha dalam negeri yang terhubung ke internet mendulang lebih dari separuh total keuntunganya dari kanal digital. Platform digital juga mendorong 79 perusahaan dalam negeri berinovasi dan berkompetisi.

Software baru

Untuk software, Pure Storage memperkenalkan Purity//FA 5.0. Ini adalah software baru untuk lini produk Pure Storage Flash Array. Disebutkan bahwa Purity//FA 5.0. bisa mempercepat proses penyimpanan data.

Selain itu, solusi ini juga membuat pengguna tak perlu migrasi data saat ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Fitur istimewa Purity//FA 5.0 adalah ActiveCluster. Ini adalah solusi active/active metro streched cluster. Fitur ini membuat sistem penyimpanan data lebih sigap dan menjamin keberlangsungan bisnis di seluruh pusat data.

Sebab, streched cluster bisa mengurangi kemungkinan downtime, bisa melakukan load balancing otomatis, dan mampu menangani mobilitas beban kerja. Sehingga, diklaim sistem punya kesiagaan tinggi dan berkelanjutan.

Fitur unggulan lain adalah QoS (Quality of Service) untuk mendukung konsolidasi beban kerja multi-tier menjadi sistem FlashArray tunggal. Dengan QoS pengguna bisa melakukan prioritas terhadap lalu lintas internet. Dengan demikian, lalu lintas bisa tetap tersedia untuk aplikasi tertentu meski saat bandwidth tengah sibuk.

NVMe 

Sebagai media penyimpanan non-volatile, Flash drive memang lebih gegas dan efisien ketimbang penyimpanan jenis lain.

Storage biasa cenderung tidak stabil dengan latensi tinggi,” kata Kevin Delane, VP Worldwide Sales Pure Storage, di Fairmont, Jakarta, Kamis (20/7).

Pure Storage pun memperkenalkan penyimpanan NVMe teranyarnya, NVMe DirectFlash Shelf. Flash drive ini menggunakan software-defined DirectFlash Modules dari Pure Storage.

FlashBlade

Pure Storage juga memperkenalkan pembaruan pada jajaran FlashBlade miliknya. Pembaruan kali ini membuat pengguna bisa meningkatkan 75 bilah blade berukuran 8 PB sebagai satu sistem tunggal.

Sistem tunggal ini diklaim bisa mengolah data lebih cepat meski dalam jumlah besar. Terutama untuk pengolahan big data.

Pengolahan data lebih gegas ini juga berguna dalam pengembangan AI dan machine learning.

Diperkenalkan juga all-flash S3 object store berukuran 17 TB. Blade ini melengkapi blade sebelumnya yang berukuran 8TB dan 52TB.

Pure Strage juga mengumumkan platform kecerdasan buatan, Pure1 META. Platform ini bisa mengolah lebih dari 1 triliun titik data array telemetry perhari.

Pure Storage yang bermarkas di Mountain View, California. Berdiri pada 2009 silam, popularitas Pure Storage relatif melesat cepat.

Satu hal lain yang dibanggakan oleh Pure adalah kemampuan mereka menekan efisiensi penyimpan data hingga ke titik terjauh. Dalam lima tahun terakhir, Pure mengklaim telah menyusutkan ukuran dan harga sebuah penyimpanan data.

BACA JUGA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *