Setelah Membuat Situs Web Lazada Palsu, Kini Menyamar sebagai MatahariMall

By:

Situs web yang mengatasnamakan Lazada dilaporkan memakan banyak korban. Menurut penuturan salah seorang korban yang menuliskan pengalamannya di Facebook, situs web yang beralamat di promo-lazada.com menawarkan smartphone dengan potongan harga sangat tinggi. Bahkan sebetulnya harga itu tak masuk akal.

Berdasarkan tampilan situs web tersebut sangat jauh berbeda dengan situs web Lazada asli. Cukup banyak smartphone yang ditawarkan di sana, misalnya Oppo F1s dibanderol Rp 495 ribu dan Asus Zenfone 2 Black Rp 495 ribu.

Kami mencoba menelusuri informasi terkait promo-lazada.com melalui Whois. Sayangnya, kami tak menemukan informasi siapa pembuat situs web tersebut karena si pembuat web memproteksi identitasnya. 

Hal ini mengindikasikan, si pembuat situs web sudah sadar, aksinya akan mengundang tanda tanya, sehingga ia menambahkan proteksi. Namun, ada beberapa informasi yang kami dapat yaitu domain promo-lazada.com didaftarkan dan diperbarui kontennya beberapa hari lalu tepatnya Sabtu (3/6/2017).

Domain itu didaftarkan melalui registrar Shinjiru MSC Sdn Bhd, yang merupakan registrar asal Malaysia, tetapi tidak bisa diambil kesimpulan juga bahwa si pembuat situs web berasal dari Malaysia karena pada dasarnya siapa pun bisa memesan domain dari registrar mana pun.

Kami pun mencoba melakukan pelacakan IP Address dan mendapati situs web itu punya IP Address yang sama dengan situs web penipuan lainnya yakni promo-online-mataharimall.com. Namun Google telah mengklasifikasikan situs web yang mengatasnamakan MatahariMall itu sebagai situs berbahaya, sehingga kami tidak bisa mengaksesnya.

Adapun Lazada Indonesia menegaskan bahwa situs web promo-lazada.com sama sekali tidak ada hubungan apa pun dengan Lazada Indonesia.

Website tersebut bukan milik Lazada dan kami tidak ada kaitannya apa pun dengan website itu,” kata juru bicara Lazada Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *