Facebook Rayakan Bulan LGBT dengan Emoji Pelangi

By:

Facebook memang dikenal sebagai pendukung kaum LGBT, salah satu bentuk dukungan terbarunya adalah hadirnya simbol bendera pelangi di deretan kolom reaksi emoji komentar. Sebelumnya ada simbol jempol tangan, lambang hati, dan beragam ekpresi nangis, marah, sedih, tertawa.

Simbol bendera pelangi yang sudah ada sejak tahun 1978 ini memang merupakan simbol para komunitas kaum LGBT. Hadirnya simbol tersebut merupakan cara Facebook yang turut mendukung hari raya spesial kaum LGBT.

Bagi kaum LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, & Transgender) bulan Juni menjadi bulan spesial dan kebanggan bagi mereka dengan merayakan LGBT Pride atau Pride Month.

Facebook Rayakan Bulan LGBT dengan Emoji Pelangi
facebook

Menurut Wikipedia perayaan ini sebagai bentuk memperingati peristiwa Kerusuhan Stonewall yang terjadi di Amerika Serikat, di akhir Juni 1969. Kerusuhan tersebut adalah aksi perlawan kaum gay terhadap polisi karena memprotes penggerebekan yang terjadi pada dini hari 28 Juni 1969 di Stonewall Inn, kawasan Greenwich Village, New York City.

Hadirnya simbol pelangi ini, tentu tahu bagi Facebook akan menimbulkan banyak kontra dari pengguna Facebook. Sehingga tak semua pengguna Facebook bisa menggunakan simbol ini.

Maka untuk mendapatkan simbol ini pengguna harus menuju ke halaman LGBTQ@Facebook dan meng-like halaman tersebut. Setelah itu log-out dan kemudian Log-in kembali maka otomatis akan muncul lambang bendera tersebut di kolom reaksi emoji.

Selasa (13/6/2017), halaman LGBTQ@Facebook sudah dibuat sejak tahun 2008 dan telah memiliki lebih dari 16 juta like.

“Kami percaya dalam membangun platform yang mendukung semua komunitas. Jadi untuk merayakan cinta dan keragaman kami hadirkan simbol reaksi (bendera pelangi) untuk digunakan selama perayaan Pride Month,” tulis status LGBTQ@Facebook di Facebook.

Selain Facebook, Google pun turut merayakannya. Jika kita menulis LGBT di kolom pencarian makan di halamannya akan muncul gambar bendera pelangi LGBT serta beragam artikel mengenai LGBT.

Facebook Hadirkan Emoji  Reaksi Rayakan Bulan Spesial LGBT
screenshot

Baca Juga


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *